5 Perkembangan Sosial Media Terbaik Di Tahun 2018

5 Perkembangan Sosial Media Terbaik Di Tahun 2018

2018 memang telah usai, namun tahun tersebut tetap menyimpan banyak sekali ‘pergerakan baru’ di bidang teknologi terutama sosial media. Ada banyak sosial media populer yang akhirnya berevolusi dengan menghadirkan fitur-fitur baru yang mengesankan. Untungnya, fitur-fitur baru ini bukanlah yang hanya meningkatkan sedikit pengalaman, melainkan yang benar-benar masif sehingga membuat banyak konsumen terkesan dengan perkembangannya. Berikut TeknoBytes telah merangkum, 5 perkembangan sosial media terbaik di tahun 2018.

1. Perbaikan besar-besaran pada Reddit

5 Perkembangan Sosial Media Terbaik Di Tahun 2018
sumber: reddit.com

Di tahun 2018, Reddit mendapatkan perbaikan yang cukup masif, dimana tampilannya dirombak secara total untuk memberikan pengalaman yang sepenuhnya baru. Kini tampilan dibuat sesedarhana mungkin dengan sejumlah bagian yang dibuat lebih kearah flat-design.

Selain itu, beberapa bagian juga dibuat dengan desain yang lebih simpel layaknya ‘kartu’ yang tentunya lebih enak dipandang ketimbang yang lama. Dan jika pengguna lama merasa tidak nyaman atau sulit beradaptasi dengan tampilan baru ini, Reddit masih memberikan akses untuk menggunakan tampilan yang lama.  

2. Aplikasi YouTube Gaming akhirnya dicabut

5 Perkembangan Sosial Media Terbaik Di Tahun 2018
sumber: odysseyonline.com

Masalah Youtube Gaming sebagai aplikasi terpisah, kini akhirnya terselesaikan. Setelah mengakui bahwa YouTube versi biasa menghasilkan lebih banyak traffic game ketimbang versi Gaming, YouTube akhirnya memutuskan untuk memasukkan Gaming sebagai bagian dari aplikasi YouTube itu sendiri.

Kini, Gaming akan memiliki portal sendiri di halaman utama YouTube, dan tidak akan menjadi aplikasi mandiri lagi, terhitung per Maret mendatang. Tentu ini merupakan pengalaman yang lebih sederhana bagi semua orang, dimana mereka tidak perlu menginstal dua aplikasi YouTube di smartphone mereka.

3. Messenger 4 dari Facebook yang lebih sederhana

5 Perkembangan Sosial Media Terbaik Di Tahun 2018
sumber: idownloadblog.com

Diluncurkan pada Oktober 2018 lalu, Messenger 4 sejatinya merupakan Messenger versi lama yang mendapatkan pemangkasan tab dan opsi, sehingga membuatnya nampak lebih mudah dan bersahabat bagi pengguna. Messenger 4 kini benar-benar berfokus kepada konten utama mereka yaitu pesan.

Pengurangan beberapa bagian ini disambut dengan sangat baik oleh pengguna Messenger. Tak hanya pengurangan saja, Messenger 4 juga mendapatkan sejumlah tambahan fitur lain seperti mode gelap yang sangat diinginkan oleh para pengguna.

4. IGTV menjadi aplikasi yang berdiri sendiri

5 Perkembangan Sosial Media Terbaik Di Tahun 2018
sumber: datahand.com

Pada awalnya, IGTV merupakan bagian dari aplikasi Instagram itu sendiri, dimana pengguna bisa membagikan video-video berdurasi panjang mereka. Nah, pada Juni 2018, IGTV akhirnya secara resmi menjadi aplikasi yang berdiri sendiri.

Sejumlah fitur baru juga diterapkan didalamnya, seperti kemampuan untuk mengunggah video berdurasi lebih dari satu jam dan menyematkan stiker atau filter kedalam video yang akan diunggah. Selain itu, IGTV juga memperkenalkan satu hal baru yang dari dulu sangat diperlukan di Instagram yaitu progress bar untuk mengakses bagian lain dari video yang dimainkan.

5. Bookmark Tweet pada Twitter

5 Perkembangan Sosial Media Terbaik Di Tahun 2018
sumber: gadget.ndtv.com

Perubahan yang didapatkan oleh Twitter ini mungkin terlihat sepele, namun sejatinya sangat dinanti oleh penggunanya dari dulu. Kini, Twitter memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan bookmark terhadap tweet atau thread yang diinginkan.

Singkatnya, pengguna bisa menyimpan beberapa tweet atau thread untuk dibaca nanti. Ini bisa menjadi sangat berguna terutama bagi pengguna yang gemar melihat perdebatan hangat yang seringkali menghiasi laman Twitter. Selain itu, ini juga bisa menjadi fitur positif dimana pengguna bisa menyimpan dan tidak ketinggalan berita yang sempat mereka lihat.

Demikian tadi sejumlah perkembangan sosial media terbaik di tahun 2018. Kita nantikan saja kira-kira perubahan apalagi yang akan dibawa oleh sosial media di tahun ini.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *