8 Fitur Terbaik Yang Dihadirkan Di Android Q Sejauh Ini

8 Fitur Terbaik Android Q Sejauh Ini - Tekno Bytes

Acara Google I/O 2019 membawa beberapa peningkatan besar dalam Google Search, Google Assistant, dan peluncuran produk-produk seperti Nest Hub Max dan smartphone Pixel 3a.

Tapi pengumuman yang paling penting yang ditunggu-tunggu oleh penggemar Android adalah fitur-fitur baru di Android Q Beta 3. Versi terbarunya yaitu Dark Mode untuk seluruh sistem, Smart Reply yang disempurnakan dan Live Caption, fitur baru yang bisa mengubah setiap bagian audio menjadi teks. Ada juga banyak fitur privasi dan keamanan bersama dengan kontrol orangtua dan dukungan untuk smartphone foldable.

Beta ketiga untuk Android Q sudah tiba dan sekarang tersedia untuk ponsel Pixel. Dan di artikel ini, Tekno Bytes akan membahas 8 fitur terbaik Android Q, baik yang baru maupun lama yang sudah kita ketahui sejauh ini.

Mode Gelap (Dark Mode)

Mode gelap untuk seluruh sistem yang sudah lama ditunggu-tunggu di Android sudah ada di sini. Kami tidak yakin kenapa Google memilih untuk menyebutnya “Tema Gelap” daripada “Mode Gelap,” mengingat kalau tidak ada dukungan untuk tema lain, setidaknya untuk saat ini.

8 Fitur Terbaik Yang Dihadirkan Di Android Q Sejauh Ini - Dark Mode
Sumber : nokiapoweruser.com

Dan kali ini, kita bisa melihat warna hitam yang sebenarnya, bukan warna “abu-abu yang sangat gelap” yang pernah kita lihat di waktu lain. Google mengatakan mengaktifkan mode gelap akan menghemat masa pakai baterai dan fitur ini juga bisa diaktifkan dengan menyalakan penghemat baterai di Android 10 Q.

Smart Reply

Fitur Smart Reply, yang memulai debutnya di Android Pie, sudah ditingkatkan di Android Q. Ini akan bekerja dengan setiap aplikasi pengiriman pesan Android dan membuatnya lebih mudah untuk menjawab dari panel notifikasi.

8 Fitur Terbaik Yang Dihadirkan Di Android Q Sejauh Ini - Smart Reply
Sumber : androidauthority.net

Google sudah menambahkan saran cerdas ke fitur ini, yang akan memprediksi teks dan juga emoji. Selain itu, ada fitur “tindakan yang disarankan” juga yang memprediksi langkah selanjutnya yang akan kalian ambil. Misalnya, Google Maps akan terbuka secara otomatis untuk menavigasi ke alamat yang disebutkan dalam obrolan.

Live Caption

Live Caption adalah salah satu fitur paling mengesankan di Android Q Beta 3. Live Caption bisa melakukan transkripsi audio real-time dalam video atau audio apa pun.

Dan inilah bagian terbaiknya, Live Caption tidak memerlukan koneksi internet untuk bekerja. Fitur ini menggunakan pembelajaran mesin lokal, sehingga tidak ada komunikasi dengan cloud.

8 Fitur Terbaik Yang Dihadirkan Di Android Q Sejauh Ini - Live Caption
Sumber : venturebeat.com

Sesudah kalian mengaktifkan fitur ini dari pengaturan aksesibilitas Android, tombol baru akan muncul di bawah tampilan slider volume. Dengan menggunakan pilihan ini, kalian bisa menambahkan teks ke video apa pun. Selain itu, teks bisa ditempatkan di mana saja di layar dan diperbesar dengan cara double tap pada captionnya.

Mode Fokus

8 Fitur Terbaik Yang Dihadirkan Di Android Q Sejauh Ini - Focus Mode
Sumber : 9to5google.com

Dengan menggunakan Mode Fokus, kalian bisa mematikan aplikasi yang mengganggu seperti platform media sosial, aplikasi pengiriman pesan atau aplikasi lain yang tidak ingin kalian gunakan untuk waktu tertentu.

Fitur gelembung “Bubbles” untuk multitasking

Google sudah memperkenalkan cara baru untuk melakukan banyak tugas dan berinteraksi dengan aplikasi di Android 10 melalui fitur baru yang disebut Bubbles. Fitur ini datang dengan Android Q Beta 2. Ini memungkinkan kalian meminimalkan aplikasi menjadi lingkaran kecil yang mengapung di layar kalian di atas semua aplikasi lain.

8 Fitur Terbaik Yang Dihadirkan Di Android Q Sejauh Ini - Fitur Bubbles untuk multitasking
Sumber : theverge.com

Mengetuk gelembung akan memunculkan UI kecil lain dimana pengguna bisa berinteraksi dengan aplikasi. Seperti yang kalian lihat pada gambar, kalian bisa membalas teks atau menjelajahi beberapa jendela menggunakan Bubbles.

Dukungan untuk Smartphone Foldable

Android Q akan datang dengan dukungan untuk ponsel lipat terbaru. Sama seperti fitur ‘Layar Kontinuitas’ Samsung, Android 10 akan memberikan peralihan tanpa batas antara tampilan ponsel lipat yang lebih kecil dan lebih besar serta mempertahankan status aplikasi dalam transisi.

8 Fitur Terbaik Yang Dihadirkan Di Android Q Sejauh Ini - Dukungan untuk Ponsel Foldable
Sumber : androidpolice.com

Google juga sudah meningkatkan mode layar terbagi di Android 10 dengan memperkenalkan fitur baru yang disebut “Multi-resume” untuk menjalankan beberapa aplikasi di layar yang sama.

Efek kedalaman dinamis dalam foto

8 Fitur Terbaik Yang Dihadirkan Di Android Q Sejauh Ini - Efek Kedalaman Dinamis Foto
Sumber : extremetech.com

Dengan Android Q, kalian bisa menyesuaikan efek kedalaman pada foto dengan memungkinkan aplikasi untuk meminta gambar JPEG + Kedalaman Dinamis. Ini akan memungkinkan kalian menggunakan aplikasi untuk menambahkan berbagai jenis efek blur, opsi bokeh, dan membuat 3D serta gambar yang didukung AR.

Perekam Layar Internal

8 Fitur Terbaik Yang Dihadirkan Di Android Q Sejauh Ini - Perekam Layar
Sumber : androidheadlines.com

Kita mungkin juga melihat alat perekam layar bawaan seperti iOS yang akan dihadirkan di Android 10. Meskipun alat perekam layar sudah dibuat resmi dalam tiga versi Beta terakhir, tapi XDA Developers masih terus menelusuri lebih lanjut untuk fitur ini.

Sebenarnya banyak fitur lain yang disematkan ke Android 10 Q. Tapi, dari semua fitur yang ada, hanya 8 fitur terbaik Android Q diatas yang bisa kalian coba nanti sesudah rilis.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *