Ternyata Ini Alasan Kenapa Media Sosial Error [Lagi] Hari Ini

Ternyata Ini Alasan Kenapa Media Sosial Error [Lagi] Hari Ini

Sejak beberapa jam lalu netizen Indonesia mengeluhkan media sosial error. Baik Facebook, Whatsapp, Instagram, bahkan Twitter yang notabenenya bukan satu perusahaan dengan Facebook juga mengalami error.

Banyak netizen yang membuat status dalam media sosial mereka. “WA error lagi?”, “Apa cuma gue disini yang WA FB IG error?”, “Kenapa lagi ini WA ku?”

Author Tekno Bytes sendiri juga mengalami hal yang sama, seperti pending saat mengirim pesan Whatsapp. Tadi kami juga sempat membuka Twitter dan mencoba upload foto, tapi loading terus tanpa henti.

Sebelumnya juga pernah terjadi, sosial media mengalami gangguan, dan itu terjadi secara global yang mana berdampak pada seluruh pengguna media sosial di seluruh dunia (tapi tidak untuk pengguna Twitter).

Lalu karena penasaran, baru saja kami cari informasi, ternyata oh ternyata..

Diberitakan dalam website CNN Indonesia, penyebab error sosial media ini memang disengaja, yakni untuk mencegah penyebaran berita hoaks yang tersebar lewat media sosial. Terlebih baru-baru ini KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) baru saja mengumumkan hasil Pemilihan Umum Indonesia 2019.

Pada hari Selasa lalu dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam Jakarta, Wiranto, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, mengatakan kalau gangguan media sosial akan berlangsung selama tiga hari.

Beliau mengatakan menyesalkan atas gangguan media sosial media ini, tapi ini semua dilakukan demi untuk mengamankan negeri yang kita cintai. Jadi kita harus rela berkorban tidak bisa kirim gambar di sosial media selama dua sampai tiga hari.

Menkominfo Rudiantara juga berkomentar, menurutnya gangguan media sosial ini dilakukan secara bertahap dan hanya terjadi sementara sementara. Tapi akibatnya, pengguna akan kesuliutan saat mendownload atau mengupload foto dan video karena aksesnya yang melambat.

Tapi meskipun begitu, kita masih bisa menulis status dan berkomentar seperti biasa. Jadi harap bersabar saja sampai gangguan media sosial sementara ini selesai, dan kita bisa beraktifitas di sosial media seperti biasa lagi.

Dan bagaimana menurut kalian? Apakah kalian merasa rugi atau malah mendukung dengan alasan yang dipaparkan Bapak Wiranto terkait media sosial error ini? Berikan komentar kalian di bawah ini.

You May Also Like

2 Comments

  1. Hai Kakak…
    Iyaa… aku bingung akibat media sosial error ini.
    Sebenarnya efek positifnya bagus, untuk mencegah berita hoax.
    Tapi, negatifnya jadi banyak juga masyarakat yang pekerjaan utamanya lewat media sosial merasa terhambat pekerjaannya.
    Btw, tapi sebenarnya sudah ada informasi belum sih kalau media sosial akan error gitu Kak?
    Andai ada informasi, mungkin masyarakat yang pekerjaan utamanya lewat media sosial nggak masalah dong.

    Terima kasih sharingnya Kak.

    1. Kalo dari CNN sih udah ada beritanya sebelum error. Tapi kalo di tv baru diberitakan beberapa jam setelah error. Jadi berita baru up setelah semua orang mengeluhkan gangguan itu.

      Dan yah, positifnya memang bagus untuk mencegah hoax. Tapi kayaknya masih kurang maksimal pengaruhnya, soalnya dilihat sendiri masih banyak berita hoax yang muncul, bisa jadi karena mereka menggunakan layanan VPN untuk mengakses media sosial mereka. Jadi pembatasan koneksi ke media sosial ini menurut saya agak useless, yang ada malah merugikan orang yang pekerjaannya lewat media sosial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *