Gak Ribet! Pake Instagram Checkout, Kalian Bisa Belanja Langsung dari Aplikasi

Instagram merupakan aplikasi media sosial yang sekaligus menjadi platform iklan. Bagaimana tidak, setiap kali kalian membuka aplikasi dan scroll feed di Instagram kalian, kalian pasti akan melihat iklan yang diselingi di antara postingan meme dan foto yang diposting oleh teman-teman kalian. Bahkan teman kalian sendiri pun juga terkadang mengiklankan produk mereka untuk dijual dengan foto yang diposting di Instagram mereka. Dan sekarang, untuk meningkatkan bisnis kita, Instagram juga akan menambah fitur belanja baru yakni Instagram Checkout.

Fitur Instagram Checkout
Sumber : Instagram.com

Platform milik Facebook ini sebenarnya sudah memberikan pilihan untuk memasukkan “tag produk” pada postingan Instagram sejak 2017, yang membuat pengguna (bisa dibilang pelanggan atau pembeli) bisa melihat informasi tentang barang yang muncul di postingan dan Story Instagram, serta pilihan untuk membeli produk dari website mereka. Sekarang alih-alih mengarahkan pengguna keluar dari aplikasi, Instagram akan membiarkan pengguna berbelanja langsung melalui aplikasi.

Tapi sejauh ini fitur “Checkout on Instagram” tersebut masih dalam versi beta dan hanya 23 merek tertentu, yang sebagian besar di bidang pakaian dan kosmetik, yang menerima undangan khusus dan bisa mengaplikasikan fitur itu. 23 merek tersebut antara lain adalah Adidas, Anastasia Beverly Hills, Balmain, Burberry, ColourPop, Dior, H&M, Huda Beauty, KKW, Kylie Cosmetics, MAC Cosmetics, Michael Kors, NARS, Nike, NYX Cosmetics, Oscar de la Renta, Ouai Hair, Outdoor Voices, Prada, Revolve, Uniqlo, Warby Parker, dan Zara.

Dan juga, Instagram mengatakan fitur tersebut hanya akan tersedia di aplikasi seluler dan pengguna hanya akan bisa membeli item satu per satu. Pengguna yang ingin membeli item produk mereka bisa membayar tagihannya dengan menggunakan Visa, Mastercard, Discover dan PayPal.

Tekno Bytes sendiri mencoba menguji fitur tersebut di salah satu akun Instagram asal Indonesia yang menjual produk jam tangan, Roodolph Watch (@roodolpwatch). Kalian bisa melihat icon tas warna putih di sebelah pojok kanan atas di setiap postingan mereka, yang menandakan kalau itu merupakan postingan Instagram Shop. Ketika kalian membuka postingan tersebut, akan icon tas warna putih akan muncul di pojok kiri bawah, yang jika di klik akan memunculkan pop up tag produk yang berisi nama produk serta harga dari item tersebut. Kalau kalian klik pop up tersebut akan diarahkan ke halaman detail produk. Sayangnya, karena fitur Instagram Checkout hanya masih tersedia untuk pengguna Instagram di Amerika, jadi kita yang tinggal di Indonesia masih belum bisa melihat tombol Checkout-nya, dan masih menggunakan tombol lama “View on Website” yang jika di klik tombol tersebut akan dialihkan ke website mereka. Tapi nantinya, kalau fitur Checkout tersedia untuk semua pengguna, kalian bisa melihat tombol “Checkout on Instagram”. Dari sana, kalian dapat memasukkan informasi penagihan dan pengiriman, yang disimpan untuk pembelian di masa mendatang, dan melacak pesanan kalian.

Instagram Checkout - Tekno Bytes

Gimana? Makin keren kan? Jadi gak sabar nunggu fitur ini tersedia untuk seluruh pengguna Instagram, termasuk Indonesia, yang mana daya minatnya sangat tinggi untuk urusan beli-beli barang online. Tekno Bytes sendiri sih berharap nantinya waktu lagi scroll feed Instagram, terus lihat postingan seperti camilan lokal dan ingin membelinya, bisa langsung checkout di Instagram dan bisa bayar lewat OVO atau rekening bank. Hehehe… Gimana menurut kalian?

You May Also Like

28 Comments

  1. Instagram merambah ke ranah marketplace, sah sah aja sih tergantung penggunanya juga asal jangan mengorbankan experince dalam penggunaan aplikasinya saja.
    Mampir gan
    ragamfootball.blogspot.com

    1. Iya fitur baru Instagram. Sebenernya udah lama sih kalau product-tag. Cuma nambahin fitur Checkout on Instagram aja biar gak ribet gak dialihkan ke website mereka kalau mau beli.

  2. Nah. sepertinya bagus nih buat yg online shop, tapi belum berlaku untuk semua daerah ya? soalnya saya nyoba update” gak dapet” fitur checkoutnya.
    Moga bisa lebih cepat realisasi umumnya.

    Trims info nya bg, sehat selalu.

  3. Aku baru tahu ada fitur instagram shopping dengan nama instagram checkout. Instagram makin keren pengembangannya.

    Btw, Kak,..
    Aku barusan coba buka account @roodolphwatch.
    Tapi, aku nggak menemukan icon tas putih, jadi belum ngerasain fitur instagram checkout, padahal penasaran. Apa harus updated dulu ya instagramku?

    1. Entah ya, mungkin fiturnya dicabut di Indonesia. Barusan saya cek juga gak ada. Padahal dulu kalo postingannya jualan, ada icon keranjang belanja di pojok postingan, dan sekarang gak ada itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *