Firefox Error, Add-ons Tidak Berfungsi! Begini Cara Memperbaikinya

Mozilla Firefox Error, Add-ons Tidak Berfungsi! Begini Cara Memperbaikinya

Sejak Jum’at malam tanggal 3 Mei, para pengguna Firefox mengalami masalah dengan browser mereka. Ya, semua add-on atau ekstensi yang ada berhenti bekerja tidak bisa digunakan, dan mereka juga tidak bisa menginstal add-ons baru. Mozilla mengatakan kalau masalah ini disebabkan oleh sertifikat yang kadaluarsa, dan itu berfungsi untuk memperbaiki masalah tersebut.

Dalam sebuah postingan blognya, Mozilla mengatakan kalau mereka sedang mengidentifikasi masalahnya, dan mulai meluncurkan perbaikan untuk pengguna. ‚ÄúPerbaikan akan diterapkan secara otomatis di background dalam beberapa jam ke depan. Tidak ada langkah aktif yang perlu diambil untuk membuat browser berfungsi lagi”.

Perusahaan mengatakan kalau pengguna tidak boleh mencoba menghapus dan menginstal ulang ekstensi, karena itu akan menghapus semua data yang terakumulasi. Perbaikan yang sedang diluncurkan tidak akan berlaku untuk Firefox ESR atau Firefox untuk Android, dan Mozilla mengatakan kalau itu juga berfungsi untuk merilis patch di sana.

Mozilla mengatakan kalau mereka menggunakan sistem Studies untuk memperbaiki kesalahan dengan cepat, dan jika kalian sudah menonaktifkannya, kalian harus mengaktifkannya kembali. Berikut bisa kalian simak cara mengaktifkan sistem Studies.

Cara memperbaiki masalah add-ons yang tidak berfungsi dengan mengaktifkan sistem Studies.

Untuk memperbaiki masalah add-ons yang tidak berfungsi dengan menggunakan sistem Studies. Secara default sistem ini sudah diaktifkan saat pertama kalian menginstallnya, dan tidak ada hal yang perlu kalian lakukan lagi kalau sudah aktif. Kalian bisa memeriksa apakah sistem Studies sudah aktif atau belum dengan cara berikut :

  • Buka Options / Preferences Firefox
  • Masuk ke pengaturan Privacy & Security
  • Scroll ke bawah sampai kalian menemukan tulisan “Firefox Data Collection and Use”
  • Centang / check pilihan “Allow Firefox to install and run studies
Cara Memperbaikinya Add-ons Mozilla Firefox Error Yang Tidak Berfungsi
Sumber : mozilla.org

Diperlukan waktu paling lama hingga enam jam hingga Studies bisa diterapkan ke Firefox (Author Tekno Bytes sendiri sudah mencobanya, dan add-ons sudah bisa kembali dalam waktu kurang dari 1 jam).

Untuk memeriksa apakah perbaikan telah diterapkan, kalian bisa membuka “about:studies” di kotak pencarian. Jika perbaikannya aktif, kalian akan melihat “hotfix-update-xpi-signed-intermediate-bug-1548973” di bagian Studies Aktif atau Studies Selesai seperti berikut:

Cara Memperbaikinya Add-ons Mozilla Firefox Error Yang Tidak Berfungsi
Sumber : mozilla.org

Setelah kalian buka dan cek, perbaikannya sudah aktif dan selesai, semua add-ons akan kembali aktif dan bisa digunakan seperti biasa. Kalian juga bisa menonaktifkan sistem Studies-nya lagi karena sudah tidak diperlukan.

Mozilla mengatakan saat ini mereka sedang mengerjakan perbaikan umum yang tanpa menggunakan sistem Studi dan akan terus memberikan update berita di posting blognya. Mereka akan membagikan update yang lebih penting dalam beberapa hari kedepan.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *