Live Caption, Fitur Terbaru Android Q Dan Cara Menggunakannya

Live Caption, Fitur Terbaru Android Q Dan Cara Menggunakannya

Pada konferensi pengembang Google I/O 2019, Google memamerkan Live Caption, fitur Android Q terbaru yang menyediakan transkripsi ucapan secara real-time. Perusahaan itu menggembar-gemborkan Live Caption karena bisa memberi caption pada media apa pun di ponsel kalian.

Live Caption bisa bekerja pada lagu, rekaman audio, podcast, panggilan telepon, panggilan video, dan sebagainya. Fitur ini menampilkan caption pada konten apa pun yang kalian tonton streaming, yang sudah kalian download, atau bahkan yang kalian rekam sendiri. Fitur Live Captions mungkin juga bisa berfungsi pada game, meskipun belum ada percobaan dengan Stadia.

Tapi dari gembar-gembor itu,ternyata tidak sembarang ponsel Android Q bisa menggunakan Live Caption. “Live Caption akan hadir untuk ponsel terpilih yang menjalankan Android Q akhir tahun ini,” kata juru bicara Google.

“Fitur itu tidak akan dihadirkan di semua perangkat,” Brian Kemler, manajer produk aksesibilitas Android. “Live Caption hanya akan disematkan pada beberapa perangkat terpilih, kelas atas. Ini membutuhkan banyak memori dan ruang untuk dijalankan. Pada awalnya itu akan terbatas, tetapi kami akan meluncurkannya seiring waktu”, tambahnya.

Ketika kita semakin dekat dengan peluncuran Android Q, Google berencana untuk merilis daftar perangkat yang akan dibekali fitur Live Caption.

Cara menggunakan fitur Live Caption

Cara menggunakan Live Caption, fitur terbaru Android Q
Sumber : engadget.com

Untuk menggunakan fitur Live Caption, kalian harus menekan salah satu tombol volume ponsel kalian dan kemudian tap icon gambar live caption saat UI volume muncul. Nyalakan dengan satu ketukan, dan segera setelah ucapan terdeteksi, teks akan muncul di layar ponsel kalian. Kalian bisa tap dua kali untuk menampilkan lebih banyak dan memindah teks ke mana saja di layar kalian.

Google nantinya juga berencana untuk menampilkan banner notifikasi yang menjelaskan fitur tersebut saat kalian mengaktifkan Live Caption untuk pertama kalinya.

Live Caption Menerjemahkan Tanpa Transkripsi

Live Caption tidak menyimpan apa pun. Kalau kalian menginginkan alat transkripsi, Google menawarkan Live Transcribe, yang dirilis pada bulan Februari lalu. Live Transcribe juga menggunakan algoritma pembelajaran mesin untuk mengubah audio menjadi teks secara real time.

Tapi tidak seperti Live Caption, alat ini menggunakan mikrofon smartphone kalian (atau mikrofon eksternal), dan bergantung pada Google Cloud Speech API untuk memberi caption pada kata-kata yang diucapkan real time dalam lebih dari 70 bahasa dan dialek. Bahkan kalian juga bisa mengetik kembali ke dalamnya.

Sementara itu, Live Caption mengandalkan AudioPlaybackCaptureConfiguration API, yang ditambahkan sebagai bagian dari Android Q. Itulah yang memungkinkan fitur ini bisa menangkap audio di ponsel kalian, bahkan kalau kalian mematikan atau me-mute audio di ponsel kalian.

Dukungan Bahasa Live Caption

Saat memamerkan Live Caption, Google sudah mengisyaratkan kalau mereka juga sedang mengeksplorasi terjemahan teks secara otomatis jika konten tidak menggunakan bahasa yang kalian atur. Tapi itu wacana belaka. Bahkan, mengesampingkan terjemahan, Live Caption hanya akan diluncurkan dengan dukungan satu bahasa saja.

Jadi waktu kalian membuka ponsel Android Q baru yang mendukung Live Caption, pertama kali kalian menggunakan fitur ini, kalian harus mendownload model terjemahan offline untuk memastikan kalian selalu menggunakan model terbaru. Pembaruan terjemahannya bisa dilakukan melalui Layanan Google Play.

Dan karena hanya tersedia bahasa Inggris, itu mungkin akan sedikit susah untuk yang tidak paham. Tapi suatu hari, kemungkinan ponsel kalian akan mendownload model terjemahan offline yang sesuai berdasarkan bahasa yang kalian pilih dalam proses pengaturan awal ponsel.

Jika jumlah perangkat yang didukung kecil, itu akan menjadi masalah, karena Live Caption tidak akan mencapai status utilitarian jika kebanyakan orang tidak bisa menggunakannya. Jadi, selain meningkatkan model dan menambahkan lebih banyak bahasa, Google juga harus menambahkan dukungan untuk fitur terbaru Android Q, Live Caption, ke lebih banyak perangkat ponsel lainnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *