Belum Rilis, Fitur-Fitur Terbaru Android Q Sudah Bocor Duluan

Belum Rilis, Fitur-Fitur Terbaru Android Q Sudah Bocor Duluan

Android P baru saja rilis, tepatnya pada bulan Maret tahun lalu. Akan tetapi saat ini sudah tersebar informasi versi Android berikutnya, yakni Android Q.

Situs berita dan modding telepon populer, XDA Developers telah menemukan informasi pra-rilis dari Android Q dan telah membuat artikel serta video yang merinci tentang apa saja yang ada di dalamnya. Apa saja fitur-fitur terbarunya? Berikut Tekno Bytes rangkum fitur-fitur yang akan dibawa di dalam Android Q, simak di bawah ini.

1. Dark Mode

sumber : xda-developers.com

Versi Android terbaru, P, mungkin menyertakan Dark Mode. Saat Dark Mode diaktifkan, beberapa bagian tampilan ponsel kalian akan menjadi warna gelap. Di bocoran Android Q ini, pengguna bisa mengaktifkan Dark Mode untuk menggelapkan semua tampilan mulai dari notifikasi hingga pengaturan. Bahkan gelapnya meluas ke aplikasi meskipun aplikasi tersebut tidak ada Dark Mode. Android Q memiliki developer setting yang memungkinkan aplikasi dikendalikan dan dipaksa untuk memakai Dark Mode. Jadi, jika kalian sudah terbiasa dengan aplikasi yang memiliki mode gelap (seperti Twitter atau UC Browser), maka kalian mungkin bisa membuat seluruh ponsel dan aplikasi kalian menjadi gelap warna hitam daripada tampilan latar belakang putih yang menyilaukan.

Baca Juga :   Live Caption, Fitur Terbaru Android Q Dan Cara Menggunakannya

2. Pengaturan Baru untuk Permission

sumber : xda-developers.com

Android Q menampilkan perubahan besar pada permission (izin) yang diminta aplikasi. Pada dasarnya adalah kalian bisa mendapatkan lebih banyak kontrol permission. Misalnya, jika suatu aplikasi menginginkan akses lokasi, kalian bisa memberinya izin untuk hanya mengakses lokasi saat sedang digunakan. Kalian bisa melihat kapan aplikasi yang aktif menggunakan izin lokasi dengan menarik status bar dan menekan ikon lokasi yang muncul di bagian kanan atas layar. Jika kalian melakukannya, akan muncul dialog yang memberi tahu kalian aplikasi mana yang mengakses lokasi perangkat Anda. Jika tidak ada aplikasi yang mengakses lokasi, maka kalian tidak akan melihat ikon lokasi di status bar.

Permission ini tak hanya berfungsi untuk lokasi saja, tapi juga berfungsi untuk penggunaan mikrofon dan kamera.

Temuan Lain di Android Q

Selain dua fitur di atas, XDA Developers juga menemukan beberapa fitur lain.

  • Dua pengaturan baru yang ditambahkan ke halaman Accessibility, yakni “Time to take action” dan “Time to read”. Time to take action memungkinkan kalian memilih, berapa lama untuk menampilkan pesan yang meminta kalian untuk mengambil tindakan, tetapi hanya terlihat sementara. Di sisi lain, fitur Time to read memungkinkan kalian memilih, berapa lama kalian ingin membaca dan mengambil tindakan pada pesan yang secara otomatis hilang.
  • Aplikasi file manajer bawaan sekarang memungkinkan kalian memfilter file menurut gambar, dokumen, audio, video, dll. saat menjelajahi direktori.
  • Perekam layar yang bisa diakses seperti alat untuk screenshot, dengan menekan tombol Power.
  • Dialog instalasi aplikasi tidak lagi layar penuh. Alih-alih, ini adalah sembulan seperti di tablet.
Baca Juga :   8 Fitur Terbaik Yang Dihadirkan Di Android Q Sejauh Ini

Tonton juga video preview Android Q dari XDA Developers di bawah ini.

Video Android Q dari XDA Developers

Itulah fitur-fitur terbaru yang akan disuguhkan di android generasi ke 10, Android Q. XDA Developers sendiri masih terus mengeksplor Android Q melalui Google Pixel 3 XL, berharap menemukan lebih banyak lagi fitur keren yang lain. Jika Google tetap mengikuti alur update Android seperti biasanya, mungkin saja mereka akan merilis Developer Preview bulan Maret mendatang. So, stay tune aja di Tekno Bytes untuk mengetahui perkembangan lebih lanjut tentang Android Q.

You May Also Like

2 Comments

    1. Nah, banyak kok app lain yg sekarang pake Dark Mode.
      FYI, Dark Mode bisa menurunkan ketegangan mata, tidur jadi lebih baik, bisa meringankan beberapa masalah kesehatan, dan juga menghemat baterai hp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *