Ulang Tahun ke-30, Game Boy Luncurkan Game Maker “GB Studio”

Ulang Tahun ke-30, Game Boy Luncurkan Game Maker GB Studio

Hari Minggu tanggal 21 April lalu, Game Boy merayakan ulang tahunnya yang ke-30. Dalam perayaan acara tersebut, developer Game Boy yang berbasis di London, Chris Maltby, baru-baru ini meluncurkan GB Studio, game maker gratis yang bisa membuat ROM Game Boy versi kalian sendiri.

GB Studio, Versi Simpel dari RPG Maker

Kalau kalian pernah punya keinginan untuk membuat game kecil kalian sendiri, sepertinya GB Studio bisa menjadi salah satu cara termudah untuk mewujudkan impian itu. GB Studio dimaksudkan untuk orang yang tidak paham pemrograman, memungkinkan kalian untuk fokus membuat cerita dan menceritakannya melalui game kalian sendiri. Berbeda dengan RPG Maker yang mana kalian harus paham koding secara keseluruhan agar game bisa berjalan. Maltby menggambarkannya sebagai versi simpel dari RPG Maker tapi tanpa sistem pertempuran.

Kalian juga bisa membuat desain grafis sendiri dalam bentuk gambar PNG dan bahkan kalian bisa menggunakan musik dari GBT Player untuk BGM’nya.

Game yang kalian buat bisa dimainkan dengan emulator yang kompatibel dan ada opsi juga untuk mengunggah game buatan kalian agar bisa dimainkan di browser yang support HTML5 ataupun di perangkat mobile. Kalian bahkan bisa melangkah lebih jauh dan mengunggah gamenya ke USB cart, memungkinkan kalian untuk benar-benar memainkan game kalian di Game Boy yang asli.

GB Studio bisa kalian unduh secara gratis di Github dan website resmi mereka. Untuk versi Windows ukuran filenya sekitar 171MB. Kalian juga bisa melihat dokumentasi tambahan di situs web GB Studio.

You May Also Like

6 Comments

  1. Hai admin yang namanya keren,
    wah… GB Studio kayaknya keren nih, cocok buat siapa saja yang pengen nyoba bikin, khususnya yang masih awam.

    Aku juga pengen nyoba.

    Terima kasih dan salam.

    1. Keren namanya, tidak orangnya. Hehehe..
      Iya, silahkan bisa dicoba, GB Studio lebih mudah digunakan daripada Game Maker kebanyakan.
      Terima kasih sudah berkunjung~

    1. Saya sendiri juga mengenal Game Boy tahun 2014. Dan hanya beberapa game yang saya tahu seperti Pokemon. Itupun saya tidak memainkannya menggunakan perangkat Game Boy aslinya, melainkan pake emulator Game Boy yang dimainkan di PC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *