Hati-Hati! Gara-Gara Main PUBG, Beberapa Remaja Ditangkap Polisi

Cuma Main PUBG, Beberapa Remaja Ditangkap Polisi

Tekno Bytes – Siapa sih yang gak tau game yang satu ini. Ya, game PUBG atau PlayerUnknown’s Battlegrounds ini akhir-akhir ini sedang booming dan menjadi game paling populer yang dimainkan oleh semua orang baik orang dewasa, remaja, bahkan anak-anak.

Game yang dibuat oleh perusahaan asal Korea Selatan, Bluehole Inc, ini adalah game pertempuran online bertemakan bertahan hidup dengan cara mengalahkan puluhan pemain di sebuah pulau.

Tapi malangnya nasib beberapa remaja ini, mereka ditangkap oleh polisi lantaran bermain game tersebut. Mereka adalah remaja dari negara bagian Gujarat, India Barat. Mereka ditangkap polisi karena telah melanggar larangan yang baru diumumkan beberapa minggu lalu perihal bermain game PUBG. Beberapa remaja yang ditahan itu ditahan tetapi kemudian dibebaskan dan diberi peringatan agar tidak mengulangi perbuatan mereka.

Hati-Hati! Gara-Gara Main PUBG, Beberapa Remaja Ditangkap Polisi
Sumber : https://twitter.com/whizkidd/status/1106187206614441984/photo/

Komisaris Polisi kota Rajkot sendiri pada 6 Maret lalu telah mengeluarkan pemberitahuan yang melarang game tersebut bersamaan dengan larangan melakukan MOMO Challenge. Menurut Komisaris, larangan itu diperlukan karena game tersebut mengarah pada perilaku kekerasan di antara anak-anak dan remaja dan itu juga mempengaruhi cara belajar, sifat, perilaku, tutur kata, serta perkembangan anak-anak secara keseluruhan. Komisaris Polisi di kota Ahmedabad juga mengeluarkan pemberitahuan yang melarang bermain game tersebut dengan alasan yang sama. Kota-kota lain seperti, Surat, Gir Somnath dan Bhavnagar juga melarang warganya untuk bermain game PUBG.

Ditanya dalam debat publik pada bulan Januari lalu mengenai efek negatif dari game untuk anak-anak, perdana menteri India, Narendra Modi mengatakan, “Apakah mereka bermain PUBG? Seperti yang lainnya, teknologi juga datang dengan positif dan negatifnya. Sebagai orang tua, kita harus membimbing anak-anak kita untuk mendapatkan yang terbaik dari teknologi. Kita harus mendorong rasa ingin tahu mereka untuk mempelajari hal-hal baru.”

Menanggapi hal tersebut, pihak developer game PUBG membuat pernyataan press yang isinya sebagai berikut :

PUBG adalah sebuah game. Yang dimaksudkan hanya untuk hiburan dan harus dinikmati dengan cara yang sehat dan bertanggung jawab. Sejalan dengan upaya kami untuk terus mempromosikan pengalaman bermain yang bertanggung jawab, kami sedang berupaya memperkenalkan sistem permainan yang sehat di India dengan membatasi waktu bermain bagi pemain di bawah umur. Dengan demikian, kami terkejut mengetahui bahwa pihak berwenang setempat di beberapa kota telah memutuskan untuk memberlakukan larangan bermain game kami. Kami berupaya memahami dasar hukum larangan semacam itu, dan berharap kami dapat melakukan dialog konstruktif dengan pihak berwenang terkait untuk menjelaskan tujuan kami dan agar mereka menarik larangan tersebut. Kepada para pemain PUBG, kami ingin meyakinkan kalian bahwa kami ada di pihak kalian dan kami akan berusaha sebaik mungkin untuk menemukan solusi yang masuk akal.

Jadi, bagaimana menurut kalian? Silahkan berikan komentar kalian di bawah ini mengenai larangan bermain PUBG tersebut, yang bahkan sampai ditangkap polisi segala.

You May Also Like

21 Comments

  1. Eh… ternyata nggak cuma di Indonesia terjadi pro dan kontra game ini. Tapi, juga di India. Remaja-remajanya di penjara gara-gara main PUBG. Gamenya lho padahal ya kalau aku baca dari artikel temen-temen ya permainan biasa sih atau aku aja yang nggak tahu spesialnya game PUBG?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *