Select Page

Solitaire dan Mortal Kombat Terpilih Jadi World Video Game Hall of Fame

Solitaire dan Mortal Kombat Terpilih Jadi World Video Game Hall of Fame

Pada hari Kamis kemarin, The Strong – National Museum of Play mengumumkan kandidat yang dilantik untuk World Video Game Hall of Fame 2019 dan menambahkan empat game baru ke dalam daftar tersebut.

World Video Game Hall of Fame sendiri merupakan bagian dari The Strong – National Museum of Play, didirikan pada tahun 2015 yang mana mereka menghormati segala jenis permainan elektronik seperti arkade, konsol, komputer, genggam, dan seluler, yang telah menikmati popularitas selama periode yang berkelanjutan dan memberikan pengaruh pada industri permainan video atau pada budaya populer masyarakat pada umumnya.

Kriteria untuk game yang dilantik mencakup empat kategori, yaitu :

  • Status ikon permainan (Apakah itu diakui secara luas?)
  • Umur panjang (Apakah lebih dari sekadar tren musiman?)
  • Jangkauan geografis (Apakah orang-orang memainkannya di seluruh dunia?)
  • Pengaruh (Apakah permainan mempengaruhi industri secara keseluruhan, budaya populer atau masyarakat secara umum?)

Dan untuk tahun 2019 ini yang terpilih menjadi bagian dari World Video Game Hall of Fame adalah,

Baca Juga :   Hati-Hati! Gara-Gara Main PUBG, Beberapa Remaja Ditangkap Polisi

Microsoft Solitaire

World Video Game Hall of Fame - Microsoft Solitaire
Sumber : worldvideogamehalloffame.org

Berdasarkan permainan kartu yang berusia berabad-abad, Microsoft Solitaire memulai debutnya pada tahun 1990 pada platform komputer Windows 3.0 dan menjadi populer di seluruh dunia. Sejak saat itu, Microsoft Solitaire telah didistribusikan di lebih dari satu miliar komputer dan sekarang dimainkan 35 miliar game per tahun di lebih dari 200 pasar di seluruh dunia dan dilokalisasi ke dalam 65 bahasa.

Mortal Kombat

World Video Game Hall of Fame - Mortal Kombat
Sumber : worldvideogamehalloffame.org

Mortal Kombat membawa grafik mutakhir dan gaya bertarung unik ke arkade ketika diluncurkan pada tahun 1992. Penggambaran kekerasan yang berlebihan dari permainan ini juga memicu debat internasional, termasuk audiensi Kongres di Amerika Serikat yang mendorong dibuatnya Entertainment Software Rating Board (ESRB) pada tahun 1994, dan menyimpulkan kalau game tidak hanya untuk anak-anak. Dengan mendorong batasan dalam hal konten dan apa yang bisa dilakukan pemain dengan karakter dalam game mereka, Mortal Kombat memproduksi seluruh franchise — termasuk game, album musik, action figure, pertunjukan panggung teater, dan film-film Hollywood.

Baca Juga :   Origin Bagikan Game The Sims 4 Gratis! Buruan Download!

Super Mario Kart

World Video Game Hall of Fame - Super Mario Kart
Sumber : worldvideogamehalloffame.org

Game Nintendo, Super Mario Kart mengombinasikan sensasi permainan balap dengan karakter favorit dari Super Mario Bros. Dirilis pada tahun 1992, game ini dibuat berdasarkan game balap sebelumnya dan mempopulerkan subgenre go-kart.
Super Mario Kart sudah menjual jutaan salinan di Super Nintendo Entertainment System dan menghasilkan selusin judul lainnya di konsol, perangkat genggam, dan permainan arcade yang telah terjual lebih dari 100 juta unit.

Colossal Cave Adventure

World Video Game Hall of Fame - Colossal Cave Adventure
Sumber : worldvideogamehalloffame.org

Colossal Cave Adventure merupakan game berbasis teks yang memulai debutnya pada tahun 1976 dan menyulap dunia fantasi interaktif yang mendalam terlepas dari keterbatasan teknologi komputer primitif. Meskipun game ini tidak punya grafik dan mengandalkan pemain yang mengetik perintah tertulis, tapi game ini masih menawarkan ranah yang sepenuhnya terwujud untuk dijelajahi, dengan harta untuk ditemukan dan teka-teki untuk dipecahkan.
Game ini berdasar dari seluruh genre permainan fantasi dan petualangan, dan secara langsung memberi inspirasi judul perintis lainnya, seperti Adventureland dan Zork, yang membantu meluncurkan industri permainan komputer komersial.

National Museum of Play mengatakan keempat game yang dilantik secara signifikan sudah memengaruhi industri video game, budaya pop, dan masyarakat pada umumnya.

Baca Juga :   Ulang Tahun ke-30, Game Boy Luncurkan Game Maker "GB Studio"

Game Tomb Raider, John Madden Football, Spacewar! dan Final Fantasy VII yang dilantik pada tahun 2018 sebelumnya, juga akan bergabung dengan Pac-Man, Donkey Kong, Street Fighter II, Pokémon Red and Green, dan beberapa game lain dari tahun sebelumnya.

About The Author

Zen Malik

Nubie blogger that have a little understanding of computer and android

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *